1000 Hari Perlindungan
Image

7 Fungsi Minyak Telon untuk Bayi Selain Wangi dan Menghangatkan Tubuh

Buat para ibu yang sudah memiliki anak, mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak telon. Adapun, fungsi minyak telon untuk bayi, ternyata tidak hanya memberikan aroma harum dan kehangatan loh.


Minyak telon, biasanya digunakan setelah bayi selesai mandi. Di sini ibu akan mengoleskan minyak telon ke area perut, dada, punggung, telapak kaki dan tangan. 


Minyak telon sendiri memiliki kandungan yang berbeda, dengan minyak kayu putih. Adapun kandungan minyak telon adalah terdiri dari tiga komposisi jenis minyak.


Bahkan, nama minyak telon sendiri diambil dari Bahasa Jawa, yakni “telu” yang artinya adalah tiga. 


Maka dari itu, komposisi minyak telon ini, terdiri dari tiga komposisi minyak. Berikut rincian komposisinya:


Kandungan Minyak Telon


- Minyak Kelapa (Oleum Cocos),  

  

Minyak kelapa merupakan minyak terbaik yang diekstrak dari kelapa segar tanpa campuran bahan kimia apapun, dimana digunakan sebagai minyak pembawa pada minyak telon. Memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas.  

  

Selain itu, minyak kelapa juga bersifat antimikroba yang memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari mikroorganisme dan menghindari kulit si kecil dari infeksi dan gatal-gatal. 


- Minyak Adas Manis/Anisi (Oleum Anisi) 

  

Minyak adas merupakan minyak hasil ekstraksi dari tanaman adas. Kandungan minyak adas yang ada dalam minyak telon, biasanya efektif untuk meredakan berbagai masalah kesehatan, seperti perut kembung akibat masuk angin ataupun gas berlebih di dalam tubuh. 

  

- Minyak Kayu Putih (Oleum Cajuput) 

  

Minyak kayu putih merupakan minyak yang berasal dari ekstrak penyulingan daun dan ranting pohon kayu putih. Setelah dilakukan penyulingan, minyak yang dihasilkan ini mengandung bahan kimia bernama Sineol (cineole), dimana bisa memberikan sensasi hangat ketika dioleskan ke tubuh. 


Bagaimana untuk jumlah komposisi atau kadar dari ketiga bahan utama tersebut? Untuk kadarnya, setiap produk minyak telon berbeda-beda.


Umumnya, kadar minyak telon yang gunakan adalah 2:2:6 atau 3:3:4. 

  

Nah, itulah tiga kandungan utama minyak telon. Adapun, kini minyak telon juga memiliki beragam varian aroma, yang bisa memberikan fungsi tambahan. 


Sebut saja seperti tambahan kandungan minyak sereh, eucalyptus, hingga aroma bunga lavender. 


Nah, tambahan kandungan tersebut, ternyata juga tidak hanya menambahkan aroma, tetapi bisa berfungsi sebagai penangkal serangga. 


Lantas, selain memberi kehangatan, aroma yang unik serta harum, dan menghindari dari serangga, apalagi fungsi minyak telon untuk bayi? 


Yuk, buat ibu yang taunya cuma bikin harum bayi, ketahui sederet fungsi minyak telon berikut ini.


Fungsi Minyak Telon untuk Bayi



1. Menghangatkan Tubuh 

  

Fungsi minyak telon yang pertama tentu bisa menghangatkan tubuh si kecil. Terlebih, kulit bayi masih sensitif dan tipis, sehingga mereka sangat mudah untuk merasakan kedinginan.


Nah, setelah si kecil mandi atau pada malam hari, ibu bisa oleskan minyak telon ke seluruh tubuh si kecil, agar ia merasakan sensasi hangat.  

  

Kehangatan yang dihasilkan minyak telon, membuat si kecil jadi mudah untuk tidur lebih lelap, dan terhindar dari masuk angin, dan masalah kesehatan lainnya. 

  

2. Menghasilkan Aroma Khas Bayi yang Wanginya Bisa Seharian 

  

Wangi minyak telon memang sangat khas, sehingga hal ini juga bisa dijadikan sebagai, salah satu fungsi minyak telon.


Pasalnya, wangi minyak telon, ternyata tidak hanya disukai oleh para orang tua bayi. Bahkan, wangi minyak telon juga kerap disukai oleh orang dewasa, yang ikut menggunakannya.  

  

Aroma minyak telon sendiri memang sangat awet, bahkan bisa bertahan hingga seharian dan membuat tubuh menjadi harum dan segar seperti habis mandi.    


3. Menjaga Kelembaban Kulit Bayi 

  

Fungsi minyak telon selanjutnya yang belum banyak diketahui para ibu adalah bisa menjaga kelembaban kulit. Terlebih, minyak telon tidak hanya mengandung minyak kayu putih, yang berfungsi untuk menghangatkan saja. 


Tapi juga mengandung minyak kelapa, yang bisa menjaga kelembaban dan keelastisan kulit bayi. Biasanya, ada area kulit bayi yang mengering dan kasar, akibat gesekan dengan benda karena bayi banyak bergerak. 


Area kulit kering dan banyak mengalami gesekan tersebut seperti, di area siku, lutut, telapak tangan, telapak kaki, bahu, dan area sendi lainnya.


Mengoleskan minyak telon di area tersebut, bisa membuat kulit bayi menjadi lembab dan elastis.  

  

4. Bantu Atasi Masalah Pernapasan si Kecil 

  

Si kecil sedang batuk pilek, dan membuatnya sulit untuk bernapas? Jangan khawatir, karena fungsi minyak telon ini, juga bisa bantu mengatasi masalah pernapasan si kecil.


Minyak telon sendiri bersifat dekongestan, dimana hal tersebut bisa membantu mengatasi masalah pernapasan pada bayi dan anak. 


Sehingga, sebelum ibu memberikan obat sebagai penyembuh dari dalam, ibu bisa mengoleskan minyak telon ke area dada, yang bisa membantu meringankan gejala pernapasan, seperti: 

  

- Hidung tersumbat 

- Sakit tenggorokan 

- Pilek 

- Batuk 

  

Nah, tidak hanya kehangatannya yang meresap ke tubuh, menghirup aroma minyak telon juga bisa bantu melegakan rongga pernapasan, menjadi jauh lebih baik.

  

5. Membantu Bayi Agar Bisa Tidur Pulas 

  

Fungsi minyak telon bisa membantu bayi agar kualitas tidurnya lebih maksimal dan pulas. Hal tersebut dikarenakan, minyak telon mengandung essential oil dengan wangi alami dan menenangkan. 


Dengan aroma yang menenangkan, membuat pikirannya, tubuhnya, menjadi lebih rileks. Hal tersebut juga yang bisa membuat kualitas tidurnya bisa lebih baik. 

  

6. Meredakan Perut Kembung 

  

Bayi dan anak memang seringkali mengalami masalah perut kembung, hingga masuk angin. Nah, disini fungsi minyak telon juga sangat berperan aktif. 


Pasalnya, ketika perut kembung, itu artinya ada udara/gas yang terjebak di dalam perut. 


Nah, agar gas yang ada dalam perut keluar, ibu bisa mengoleskan minyak telon terbaik, sambil lakukan pijatan ringan.  

  

7. Sebagai Minyak Pijat atau Minyak Urut


Fungsi minyak telon, yang juga sering digunakan adalah sebagai minyak pijat atau urut. pasalnya, jika bayi menggunakan minyak urut orang dewasa, tentu akan merasa kepanasan.


Sehingga, paling tepat jika bayi ingin dipijat atau diurut, minyak telon bisa digunakan sebagai aplikatornya. Minyak telon juga memiliki tekstur yang lebih lembut untuk kulit bayi, sehingga pijatan akan terasa nyaman.


Nah, di sini ibu bisa beri pijatan lembut di bawah leher, tepatnya di puncak tulang dada si kecil. Pasalnya, area pijat ini merupakan letak kelenjar besar bernama Thymus, yang bila dirangsang, bisa menstimulasi antibodi untuk memberi reaksi sesuai kebutuhan pada waktunya.


Nah, itu dia beberapa informasi seputar fungsi minyak telon, yang wajib para ibu tahu. Tapi, untuk produk minyak telon terbaik sendiri, apa ibu sudah tahu?


Jangan sampai ibu salah pilih produk minyak telon, yang komposisinya pas ya. Karena, jika komposisinya tidak pas, ditakutkan akan membuat si kecil malah jadi kepanasan, atau tidak berfungsi sama sekali. 


Pastikan ibu, memiliki produk minyak telon seperti Sleek Baby Telon Oil, yang sudah dipercaya oleh jutaan ibu di Indonesia. Sudah dipercaya sebagai merek baby care terbaik, Sleek Baby ternyata juga punya varian minyak telon.


Sleek Baby Telon Oil, mengandung tiga kandungan minyak, dengan komposisi 20:20:60, yang pas untuk kulit si kecil. 


Kemasan Sleek Baby Telon Oil 

  

Untuk produk Sleek Baby Telon Oil sendiri, memiliki dua pilihan kemasan, yakni: 

  

- Sleek Baby Telon Oil 30 ml 

- Sleek Baby Telon Oil 70 ml 

  

Tidak hanya itu, kemasan produk Sleek Baby Telon Oil juga sangat praktis, tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan, karena tutupnya yang menyatu dengan botol, dilengkapi dengan sistem lock.


Jadi ibu tak perlu takut bocor dan tumpah, ketika botol minyak telon dimainkan si kecil. 

  

Harga Sleek Baby Telon Oil 

  

Untuk harganya, Sleek Baby Telon Oil ini cukup terjangkau, dengan fungsi sebanyak itu, harganya hanyai: 

  

- Kemasan Sleek Baby Telon Oil 30ml: Rp13.000 

- Kemasan Sleek Baby Telon Oil 70ml: Rp28.000 

 

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan fungsi sekaligus rekomendasi minyak telon yang pas untuk si kecil?


Untuk bisa mendapatkan produk Sleek Baby Telon Oil, juga sangat mudah. Ibu, bisa mendapatkan dengan mudah, di toko offline seperti di minimarket, supermarket, perlengkapan bayi, dan lainnya. 


Hingga di toko online, juga sudah banyak tersedia, dengan berbagai macam udan, dan harga yang bersaing. 


Yuk, beli perlengkapan bayi lainnya, seperti sabun pencuci botol susu, deterjen khusus pakaian bayi, hingga Sleek Baby Telon Oil, dengan rangkaian produk dari Sleek Baby.

Leave a comment