1000 Hari Perlindungan

Image

5 Peralatan yang Perlu Bunda Persiapkan Untuk MPASI Si Kecil

Agar Si Kecil mendapatkan asupan gizi yang lengkap, maka Bunda perlu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk Si Kecil. Makanan tersebut berguna agar proses tumbuh kembang Si Kecil berjalan lancar di 1000 hari pertamanya. Akan tetapi, sebelum memberikan MPASI, Bunda perlu mempersiapkan beberapa peralatan berikut ini terlebih dahulu.


Penghalus makanan

Ketika memberikan MPASI kepada Si Kecil, Bunda perlu menghaluskan terlebih dahulu makanan tersebut. Agar proses menghaluskan makanan jadi lebih mudah, maka Bunda perlu memiliki alat penghalus makanan khusus untuk MPASI. Sehingga, Si Kecil dapat mencerna MPASInya secara lebih mudah berkat alat penghalus makanan yang Bunda gunakan.


Food Processor

Agar lebih praktis dalam menyajikan MPASI, penggunaan alat food processor dapat menjadi alat yang sangat membantu. Sebab, alat ini memungkinkan Bunda untuk merebus, mematangkan sampai menghaluskan makanan secara praktis untuk Si Kecil. 

Food processor juga akan sangat membantu Bunda agar bisa menghemat waktu saat menyajikan MPASI. Jika biasanya Bunda menghabiskan waktu yang lama untuk memasak dan menghaluskan makanan Si Kecil dalam waktu hingga 30 menit, dengan alat ini Bunda hanya membutuhkan waktu 20 menit saja untuk menyajikan MPASI kepada Si Kecil. Selain itu, Bunda juga bisa mengatur tekstur yang ingin dihasilkan agar dapat disesuaikan dengan usia Si Kecil.


Botol Sendok makan

Sering mengajak Si Kecil berjalan-jalan sambil menyantap MPASI? Jika iya, Bunda tentu seringkali kesulitan saat membawa beragam peralatan makannya seperti sendok, tempat makan dan botol minum. Agar lebih praktis, Bunda dapat menggunakan botol sendok makan yang bisa dipegang secara bersamaan. Sendok yang ada pada bagian ujung botol bisa Bunda manfaatkan untuk memasukkan MPASI kedalam mulut Si Kecil. Sementara itu, botol yang tersedia bisa Bunda manfaatkan untuk minum Si Kecil setelah makan. Alat ini juga sangat cocok untuk Bunda bawa saat bepergian karena sangat praktis dan multifungsi.


Food Storage

Saat membuat MPASI, tak jarang Bunda membuatnya dalam porsi yang banyak sekaligus. Sayangnya, porsi tersebut tidak bisa dikonsumsi oleh Si Kecil secara sekaligus sehingga Bunda perlu menyimpannya kembali agar tidak terbuang. Supaya makanan tersebut terjaga kualitasnya, maka sebaiknya siapkan food storage terlebih dahulu. 

Gunakan food storage yang kedap udara agar kualitas makanan di dalamnya tetap terjaga. Bunda juga dapat menggunakan food storage yang terbuat dari bahan plastik, kaca atau silikon. Letakkan food storage tersebut kedalam freezer agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga. Dengan demikian, Bunda dapat menyajikan kembali MPASI tersebut dengan cara menghangatkannya agar lebih praktis dan tidak ada makanan yang terbuang.


Peralatan makan yang menarik

Walaupun Bunda telah membuat MPASI yang lezat, tak jarang Si Kecil menolak untuk mengonsumsinya. Agar Si Kecil lebih tertarik dengan makanan yang Bunda sajikan, sebaiknya gunakanlah peralatan makan yang bisa menarik perhatiannya. Gunakan peralatan makan dengan warna yang mencolok atau memiliki gambar yang disukai oleh Si Kecil. Sehingga, nafsu makan Si Kecil akan tergugah dan asupan gizi yang terdapat di dalam MPASI dapat dicerna dengan mudah.


Selain mempersiapkan alat-alat yang dapat membantu Bunda dan Si Kecil, pastikan juga Bunda menjaga kebersihan peralatan tersebut. Bunda bisa menggunakan sabun cuci dengan kandungan food grade yang aman untuk Si Kecil. 

Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser dapat menjadi produk yang tepat untuk membersihkan peralatan makan Si Kecil. Sebab, kandungan stain removal formula yang ada didalamnya dapat mengangkat kotoran dan bakteri di peralatan makan Si Kecil secara lebih mudah. Selain itu, formula food grade yang digunakan juga membuat Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser aman untuk peralatan makan Si Kecil. Sehingga, Si Kecil pun bisa menyerap kandungan gizi dari MPASI yang Bunda buat secara lebih maksimal.


Leave a comment