1000 Hari Perlindungan

Image

5 Barang Wajib untuk Bunda yang Menyusui di Rumah

Menyusui merupakan awal kedekatan Bunda dan Si Kecil setelah ia lahir. Maka dari itu, Bunda pasti mengusahakan yang terbaik agar momen berharga ini berlangsung dengan baik. Termasuk perlengkapan menyusui yang wajib Bunda miliki di rumah. Apa saja itu?

1. Bantal Menyusui

Kurang nyaman saat menyusui sambil menggendong Si Kecil? Tak ada salahnya kalau Bunda menyiapkan bantal khusus untuk menyusui. Bantal ini biasanya berbentuk lingkaran seperti donat yang bisa dilingkarkan pada pinggang, dan Si Kecil bisa ditidurkan di atas bantal. Posisi ini akan membuat Bunda lebih nyaman saat menyusui. Pilih bantal yang memiliki pengaman di bagian belakang agar Si Kecil lebih aman.

2. Baju dan Bra Khusus Menyusui

Walau sedang di rumah, tetap saja Bunda akan kerepotan menyusui Si Kecil apabila sedang menggunakan baju terusan. Baju dan bra khusus menyusui akan membuat Bunda selalu siap jika Si Kecil ingin menyusui. Jangan lupa untuk memilih baju dan bra dengan bahan yang ringan dan tetap utamakan kenyamanan saat digunakan ya.

3. Pompa

Bagi Bunda yang menyimpan stok ASI, pastikan memiliki breastpump di rumah ya. Bunda bisa pilih electric breastpump ataupun yang manual. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi Bunda bisa coba dua-duanya untuk mengetahui mana yang lebih nyaman untuk memompa ASI menurut Bunda.

4. Botol Susu

Setelah memompa ASI, jangan lupa untuk menaruh air susu dalam botol yang kedap udara. Bunda bisa memilih botol berbahan kaca maupun plastik, namun kalau Bunda memilih botol plastik, jangan lupa untuk memastikan plastik yang berlabel BPA-free ya, karena lebih aman untuk kesehatan Si Kecil.

5. Sabun Pencuci Botol

Botol susu bayi yang Bunda gunakan tentu bisa dipakai berulang-ulang, Bunda hanya harus membersihkannya saja setelah digunakan. Pilih sabun cuci yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk peralatan Si Kecil, misalnya Sleek Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser dengan ekstrak madu yang ampuh membunuh bakteri serta food grade sehingga aman untuk si Kecil.

 

 

Leave a comment