1000 Hari Perlindungan

Image

5 Alasan Mengapa Bunda Perlu Menjemur Si Kecil Pada Pagi Hari

Ada berbagai treatment khusus yang perlu Bunda lakukan ketika Si Kecil baru lahir. Salah satunya yaitu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung pada pagi hari. Bunda tentu telah mengetahui manfaat hal ini atau bahkan selalu melakukannya ketika Si Kecil baru lahir.

Proses menjemur biasanya dilakukan pada pukul 7 pagi sampai 9 pagi. Biasanya, lama menjemur Si Kecil berkisar sekitar 15 menit saja. Akan tetapi, setelah melebih jam 9 pagi, Bunda tidak disarankan untuk menjemur Si Kecil karena dapat membahayakan kesehatan Si Kecil. Tapi, mengapa Bunda perlu menjemur Si Kecil pada pagi hari? Berikut ini 5 alasan yang membuat Bunda harus melakukan hal tersebut.


1. Menghangatkan Tubuh SI Kecil

Si Kecil yang baru lahir memiliki kulit yang tidak sama seperti orang dewasa. Lapisan kulit Si Kecil cenderung lebih tipis dan sensitif terhadap udara di sekitarnya. Agar Si Kecil dapat merasa nyaman, Bunda perlu memberikan kehangatan pada tubuh Si Kecil. Menjemurnya di pagi hari bisa menjadi cara yang efektif sebab sinar matahari pada pagi hari tidak terlalu terik dan bisa menghangatkan tubuh Si Kecil. Sehingga, Si Kecil akan merasa nyaman karena tubuhnya lebih hangat ketika dijemur pada pagi hari.


2. Memberikan Vitamin D

Sinar matahari tidak hanya bisa menghangatkan tubuh Si Kecil saja. Lebih dari itu, sinar matahari pagi juga memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Vitamin D dikenal punya manfaat yang baik untuk memperkuat tulang dan gigi Si Kecil. Cukup dengan menjemurnya selama 15 menit di bawah sinar matahari pada pagi hari, Si Kecil pun akan memiliki tulang dan gigi yang lebih kuat.


3. Mencegah Penyakit Kuning

Si Kecil kesayangan Bunda punya kulit yang cenderung kuning ketika baru lahir? Kondisi tersebut umum terjadi pada Si Kecil yang baru lahir karena pada usia 3-5 hari, kadar bilirubin pada tubuh Si Kecil akan meningkat. Agar Si Kecil terhindar dari penyakit kuning, sebaiknya jemurlah pada pagi hari setiap paginya. Dengan menjemur Si Kecil pada pagi hari, bilirubin dalam tubuhnya akan terpecah dalam darah hingga kadarnya kembali normal. Secara perlahan, kulit Si Kecil yang cenderung berwarna kuning akan kembali normal setelah dijemur pada pagi hari.


4. Meningkatkan Hormon Serotonin

Menjemur Si Kecil pada pagi hari juga dapat membuat ia merasa bahagia. Perasaan tersebut timbul karena zat serotonin yang diberikan oleh cahaya matahari di pagi hari. Zat serotonin dikenal sebagai zat yang bisa membuat seseorang merasa bahagia sekaligus mempengaruhi pencernaan manusia. Ketika Si Kecil dijemur pada pagi hari, maka hormon serotonin akan meningkat dan Si Kecil pun akan merasa lebih bahagia.


5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin D yang didapat melalui proses menjemur tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi Si Kecil saja. Lebih dari itu, vitamin D juga dapat bermanfaat untuk memperlancar sistem saraf Si Kecil. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat imunitas tubuh Si Kecil. Sehingga, kekebalan tubuh Si Kecil akan semakin baik dan bisa lebih tahan terhadap berbagai risiko penyakit yang menghampirinya.


Proses menjemur Si Kecil yang baru lahir pada pagi hari memberikan banyak manfaat untuk tubuhnya. Tapi, jangan lupa juga untuk membersihkan Si Kecil ya, bun. Sebab, setelah dijemur, pasti ada kotoran atau udara kotor yang menempel pada kulit Si Kecil. 

Agar dapat membersihkan secara lebih sempurna, sebaiknya mandi dengan  menggunakan sabun bayi dengan kandungan Natural Antibacterial. Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash menjadi pilihan yang tepat untuk Bunda melindungi Si Kecil. Sebab, produk tersebut memiliki kandungan Natural Antibacterial yang bisa menjaga kulit jauh dari bakteri penyebab iritasi. Selain itu, busa lembutnya juga sangat aman untuk kulit Si Kecil yang baru lahir, tekstur foamy nya pun memudahkan Bunda memandikan si Kecil.

Leave a comment