1000 Hari Perlindungan

Image

4 Hal yang Membuat Si Kecil Nyaman Saat Musim Kemarau

Disadari atau tidak, musim kemarau tahun ini sangat panas dan kering sehingga membuat Si Kecil tidak nyaman dan terkadang rewel. Kalau sudah seperti itu, Bunda wajib membuat Si Kecil nyaman dan aman saat berada di dalam maupun di luar rumah. Berikut ini ada empat cara untuk menjaga Si Kecil ketika musim kemarau.

 

1. Cairan terpenuhi

Pastikan konsumsi cairan Si Kecil terpenuhi. Jika Si Kecil masih menyusui, berikanlah ASI langsung maupun dari botol. Wajar kalau Si Kecil meminum ASI lebih banyak saat musim kemarau karena konsumsi cukup cairan akan menghindarkan Si Kecil dari dehidrasi.

2. Jaga suhu udara

Kulit Si Kecil sangat rentan terhadap lingkungan sekitar, sehingga Bunda dianjurkan untuk menjaga suhu udara tetap stabil di dalam rumah. Suhu yang cenderung panas mudah membuat kulit ruam hingga bintik-bintik merah.

3. Pilih baju katun

Selain memperhatikan asupan cairan dan suhu, Bunda juga harus pintar memilih baju Si Kecil. Pilih baju berbahan katun atau natural fiber karena mudah menyerap keringat. Si Kecil bisa memakai baju berwarna terang, ringan, dan sedikit longgar.

4. Hindari matahari

Sebaiknya, Bunda tak mengajak Si Kecil keluar rumah pada pukul 10.00—15.00. Pasalnya, interval tersebut merupakan waktu puncak ketika sinar matahari sangat terik. Jika Bunda harus mengajak Si Kecil keluar rumah, pastikan Bunda sudah mengaplikasikan sunscreen khusus Si Kecil dan mengenakan topi dengan tepi lebar.

 

Jika Bunda bepergian menggunakan mobil, jangan sekali-kali meninggalkan Si Kecil di dalamnya sendirian dengan alasan apapun. Karena panas dalam mobil mampu meningkatkan suhu tubuh Si Kecil dengan cepat. 

Leave a comment