1000 Hari Perlindungan
Image

10 Ide Kado Ulang Tahun Untuk Anak Perempuan Umur 2 Tahun

Momen ulang tahun anak menjadi momen paling membahagiakan untuk si kecil, kedatangan teman-teman, mendapat banyak kado, menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ bersama, tiup lilin dan makan kue. Namun, memilih kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun khususnya juga membingungkan.


Ketika si kecil menginjak usia 2 tahun, ia masih berusaha menguasai kegiatan berjalan dan berlari, memegang alat tulis atau gambar seperti crayon dan mewarnainya di kertas, menambah kosakata dan menyatukannya menjadi kalimat. Rasa penasarannya pun meningkat yang membuatnya tertarik dengan segala macam benda dan mainan yang bervariasi. Di usia ini, anak perempuan umur 2 tahun juga sedang senang-senangnya bermain peran bersama orang lain.


Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak Perempuan Umur 2 Tahun

Bunda tentu ingin memberikan kado ulang tahun yang terbaik, menarik, disukai oleh si kecil, dan juga tepat untuk menunjang kreativitas dan kecerdasan si kecil, apalagi untuk kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun. Memilih kado yang tepat pada usia ini, memerlukan pertimbangan beberapa faktor antara lain:


·       Perlu diingat bahwa anak umur 2 tahun itu belum mengharapkan hadiah tertentu, mereka akan senang dengan hadiah apapun yang diberikan untuknya;


·       Bunda perlu untuk mempertimbangkan anggaran keuangan saat ingin memberikannya hadiah. Jika ingin membelikannya mainan, pilih mainan dengan bahan kualitas terbaik yang tahan lama dan menarik bagi si kecil di rentang usia yang panjang, tidak hanya beberapa bulan lalu bosan;


·       Perhatikan hal-hal yang membuatnya merasa sangat senang. Si kecil akan selalu mengalami pertumbuhan dan perubahan pada dirinya dan Bunda sebaiknya memberikan tantangan baru sebagai hadiah di ulang tahunnya;


·       Hindari memberikannya hadiah benda dengan bentuk tertentu yang membuatnya takut.


 Baca Juga : Bingung Memilih Produk Bayi Terbaik? Berikut Informasi Lengkapnya


Ide Kado Ulang Tahun Anak Perempuan Umur 2 Tahun

Jika dalam waktu dekat si kecil akan berulang tahun dan Bunda masih bingung ingin memberikan apa untuk kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun? Yuk, simak rekomendasi kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun yang dapat Bunda berikan untuk si kecil di hari bahagianya itu!

1.       Balancing bike

Untuk mengajarkan prinsip dasar bermain sepeda, yaitu keseimbangan, maka balancing bike bisa jadi kado yang tepat. Balancing bike adalah sepeda tanpa pedal, dimana si kecil harus menggunakan kakinya agar sepeda dapat melaju kencang. Jangan lupa untuk memakaikan mereka alat pelindung diri saat bersepeda, seperti helm dan pelindung lutut.

 

2.       Mainan masak-masakan

Anak usia 2 tahun sangat suka bermain peran, maka mainan masak-masakan berupa kitchen set yang lengkap dengan alat-alat dapur dan bahan makanan, sangat cocok diberikan sebagai kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun karena dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas si kecil lho, Bund. Bermain peran ini juga dapat membuat si kecil mempelajari pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh orang dewasa.

 

3.       Peralatan menggambar dan mewarnai

Kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun yang bisa menjadi pilihan Bunda selanjutnya adalah set alat menggambar dan mewarnai, seperti pensil warna, krayon, cat air, papan tulis, kertas kosong serta kertas lipat berwarna untuk membantunya mempelajari bentuk dan warna. Pastikan semua peralatan menggambar dan mewarnai tersebut bebas racun agar anak bisa bebas bereksplorasi tanpa membuat Bunda khawatir. Sediakan tempat seperti pintu kulkas atau spot di tembok sebagai ruang pamer untuk memamerkan hasil karya si kecil. Selain kreatif, si kecil juga akan jadi lebih percaya diri.

 

4.       Buku cerita anak

Buku selalu menjadi benda terfavorit yang dijadikan kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun dan tidak pernah ketinggalan zaman. Anak usia 2 tahun sudah tertarik untuk membaca dan mengamati gambar yang ada di buku. Bunda dapat memberikan buku dengan tulisan besar, gambar dan warna yang menarik untuknya dan pastinya memberikan edukasi untuk si kecil. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan banyak pengetahuan baru sekaligus merasa senang dan terhibur dengan cerita di buku tersebut. Sekarang sudah ada buku cerita anak dengan sistem Augmented Reality (AR) di dalamnya yang dapat muncul video berdurasi pendek saat Bunda scan QR code di halaman tertentu menggunakan smartphone.


 Baca Juga : 7 Rekomendasi Mainan untuk Anak dan Tips Memilihnya


5.       Puzzle

Puzzle menjadi kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun yang klasik namun selalu seru untuk dimainkan. Di usia yang penuh keingintahuan ini, puzzle dapat membantu melatih otaknya, kemampuan spasial, melatih kemampuan motorik halus ketika si kecil memegang potongan puzzle serta melatih koordinasi tangan serta mata si kecil saat bermain. Berikan ia sebuah puzzle berpotongan besar untuk mempermudah ia belajar cara memecahkan masalah (problem solving) melalui misteri puzzle ini.

 

6.       Balok susun

Balok-balok besar dengan merek ternama seperti Lego atau Duplo pasti akan disukai oleh anak usia 2 tahun, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Menyusun balok susun ini akan selalu menjadi momen seru baik saat dimainkan sendiri ataupun beramai-ramai. Berikan satu set balok susun sebagai kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun dan perhatikan wajah bahagianya saat ia berhasil menyusun balok-balok warna-warni tersebut menjadi sebuah karakter atau bangunan kastil tinggi. National Association for the Education of Young Children memaparkan bahwa manfaat mainan balok susun adalah untuk belajar penyelesaian masalah, imajinasi, ekspresi diri, matematika, konsistensi, kreativitas, sains, kepercayaan diri, peningkatan emosional dan sosial dan perkembangan motoric si kecil.


 Baca Juga : Tips Mempersiapkan Makanan Si Kecil Saat Bepergian


7.       Playdough / Lilin Mainan

Selanjutnya, playdough atau lilin mainan menjadi salah satu mainan klasik yang cocok di segala rentang usia dan sangat bagus menjadi kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun. Di usia ini, si kecil akan menjadi lebih kreatif dalam menciptakan bentuk-bentuk baru dari objek yang ia lihat sehari-hari. Ini akan membantu perkembangan imajinasi si kecil dan kreativitasnya terasah dalam membentuk playdough atau lilin mainan tersebut menjadi sebuah bentuk sesuai keinginannya.

 

8.       Mainan alat musik

Jika si kecil senang menari saat ada suara musik menyala atau senang seolah-oleh bermain alat musik, Bunda dapat juga memberikannya mainan alat musik, seperti piano kecil, drum, atau xylophone sebagai kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun. Selain ada tombol-tombol yang bisa si kecil tekan atau pukul, biasanya juga ada suara atau lagu yang menarik pada alat tersebut untuk melatih motorik halusnya. Musik sangat baik untuk perkembangan otak kanan si kecil. Siapa tahu Bunda membuka jalan untuk bakat terpendamnya sebagai musisi.

 

9.       Kolam renang karet (kiddy pool)

Si kecil pasti sangat suka bermain air dan berenang pun merupakan olahraga yang baik untuk anak bahkan untuk batita sekalipun karena selain merupakan aktivitas yang menyenangkan, berenang dapat membantu motorik kasar pada si kecil berkembang menjadi lebih baik. Untuk mendukung hal tersebut, Bunda dapat memberikannya kolam renang ban/karet (kiddy pool) sebagai kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun untuk si kecil bermain air.

 

10.   Boneka bayi

Boneka bayi yang sedang hits keluaran Baby Alive juga bisa menjadi kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun yang tak kalah menarik. Mainan ini umumnya juga dilengkapi popok serta dot, sehingga bisa dirawat selayaknya bayi sungguhan. Dengan boneka tersebut, si kecil dapat pretend play, seperti berpura-pura menjadi kakak dari bayi mainan ini. Jadi bukan sekadar bermain, namun secara tidak langsung jua menumbuhkan rasa kasih sayang dan tanggung jawab sedari kecil pada anak.

 

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi  kado ulang tahun anak perempuan umur 2 tahun yang bisa Bunda berikan baik ke si kecil, saudara, atau teman ketika mereka bertambah usia. Khusus untuk mainan, jangan lupa selalu cuci minimal dua hari sekali dengan Sleek Baby Pembersih Botol atau biasa disebut Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser yang formula stain removalnya ampuh membersihkan kotoran dan bakteri.


Leave a comment